Pentingnya Menjaga Nikmat Anggota Badan

151

Pentingnya Menjaga Nikmat Anggota Badan

 

الحمد لله ربّ العالمين حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه و أشهد أنّ محمدا عبده ورسوله

Saudara-saudaraku seiman pada pertemuan ini kami akan berbicara tentang satu tema ‘Menjaga anggota badan’. Maksud anggota badan adalah anggota badan manusia yaitu pendengaran, penglihatan, lisan, kedua tangan dan kedua kaki. Itulah anggota badan kita. Rasul kita ` telah mengajarkan kepada kita untuk meminta perlindungan kepada Allah l dari kejahatan anggota badan kita, supaya kita tak menggunakan anggota badan itu untuk bermaksiat kepada Allah l namun dalam ketaatan pada Allah. Di antara do’a Rasulullah `

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِي وَمِنْ شَرِّ بَصَرِي وَمِنْ شَرِّ لِسَانِي وَمِنْ شَرِّ قَلْبِي وَمِنْ شَرِّ مَنِيِّي

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan telingaku, kejahatan mataku, kejahatan lisanku, kejahatan hatiku dan kejahatan maniku.” (HR Abu Dawud, An-Nasa’I, Ahmad dan yang lainnya dan dihasankan oleh Al-Hakim dan dinyatakan shahih oleh Al-Albany dalam Shahih Sunan Abu Dawud No. 1387)

Dalam hadits di atas Rasulullah ` berlindung kepada Allah l, menyandarkan diri kepada-Nya, berpegang teguh kepada-Nya dari kejahatan anggota badan tersebut. Mengapa? Bila manusia tak mampu menjaga anggota badan tersebut maka akan menyeretnya ke api neraka, akan mengundang murka Allah k . Berapa banyak kebinasaan, musibah dan ujian yang dipicu oleh anggota badan tersebut baik mata, penglihatan maupun yang lainnya.

Perhatikan bagaimana manusia harus memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan pendengaran, yaitu dari mendengar hal-hal yang haram baik ghibah, kedustaan, nyanyian maupun musik. Berlindunglah kepada Allah dan mintalah kepada-Nya agar Dia menjaga pendengaran anda dari sesuatu yang tidak ada manfatnya bagi anda baik dunia maupun akhirat.

Kemudian Rasulullah ` mengajarkan kepada kita agar berlindung kepada Allah l dari kejahatan penglihatan. Sebab bila manusia memandang hal-hal yang haram, misalnya memandang wanita, maka hal itu merupakan salah satu panah setan. Rasulullah ` bersabda:

اَلنَّظْرَةُ سَهْمٌ مِنْ سِهَامِ إِبْلِيْسَ

“Pandangan mata adalah salah satu panah beracun Iblis.” (Hadits dha’if dikeluarkan oleh Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 4/313 dan Al-Qadha’I dalam Musnad Asy-Syihab 1/265)

Betapa banyak laki-laki yang memandang wanita kemudian terjerumus dalam perkara yang haram yang berupa zina (kita berlindung kepada Allah). Hal itu berawal dari kekaguman terhadap wanita kemudian berakibat terjerumusnya ia dalam dosa besar.

Dosa mata yang lain adalah memandang rendah orang lain. Seringkali terpedaya dan ujub telah membuat seseorang memandang rendah orang lain. Misalnya karena merasa memiliki gelar kesarjanaan yang tinggi, kedudukan tinggi atau harta yang banyak, kemudian ia memandang orang lain dengan remeh, bila berpapasan dengan orang lain lewat begitu saja tapa mau mengucapkan salam.

Padahal Rasulullah ` bersabda:

بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنْ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِم

“Seseorang cukup dinilai buruk bila ia merendahkan saudara muslim lainnya.” (HR Muslim No. 4650)

Maksudnya seandainya anda tak memiliki keburukan sedikitpun, tak memiliki dosa sedikitpun namun dalam waktu yang sama anda memandang orang lain dengan rendah, anda merasa lebih dibanding orang lain maka hal itu sudah cukup menjadi keburukan anda yang membinasakan. Hal itu semua termasuk perkara yang Rasulullah meminta perlindungan kepada Allah.

Selanjutnya Rasulullah ` bersabda: “Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan lisanku”. Perhatikan wahai saudara sekalian! Bagaimana Rasulullah memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan lisan. Lisan merupakan salah satu sebab utama terjerumusnya seseorang dalam jurang neraka. Banyak kemaksiatan dan dosa yang disebabkan oleh lisan. Dusta disebabkan oleh lisan, ghibah disebabkan lisan, namimah (adu domba) juga disebabkan oleh lisan dan masih banyak lagi. Semua itu menegaskan perlunya manusia untuk meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatan lisan. Rasulullah ` tentang perkara yang paling banyak memasukkan manusia ke dalam neraka, beliau menjawab: “Mulut dan kemaluan”.

Poin selanjutnya Rasulullah ` berlindung kepada Allah dari kejahatan hati, yaitu hati yang tak berorientasi kepada Alah. Hati yang hasad dengan apa yang ada pada orang lain. Banyak sekali penyakit hati, penyakit kemunafikan, penyakit riya’, penyakit was-was dan lain sebagainya. Semua itu karena hanya Allah l saja yang mengetahu hati seseorang.

Terakhir beliau berlindung kepada Allah dari kejahatan air mani, dari menumpahkannya dalam perbuatan yang diharambakn, yaitu zina atau apa saja yang menjadi pintu menuju perzinaan. Perhatikan, semoga Allah merahmatimu, Rasulullah memohon perlindungan dari kejahatan seluruh anggota badan tersebut di atas. Ingatlah bahwa semua itu akan menjadi saksi di hadapan Allah l kelak pada hari perhitungan. Oleh karena itu marilah kita semua lebih waspada dan mari kita hapalkan doa ini serta kita ulang-ulang do’a ini kapanpun dan di manapun kita berada. Bila Allah telah menjaga kita dari itu semua kita akan menjadi manusia-manusia yang siap untuk mendapatkan rahmat Allah, masuk ke surga-Nya. Mudah-mudahan Allah menganugerahkan taufik kepada kita agar mampu melaksanakannya. Walhamdulillahirabbil alamin.

 

Syaikh Khalid Husainani v

(Ulama dari Kuwait)

Penyunting: Sulthon Abu Hazimah, S.Psi

 

 

 

 

 

 

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!