Panduan Belajar Islam Bagi Para Mualaf

1.570

Belajar Islam – Mempelajari sesuatu dengan didasari oleh niat kuat pasti akan membuahkan hasil atau pencapaian belajar yang sesuai dengan harapan. Sama seperti mempelajari hal lain di dunia ini. Belajar agama tentu tidak terlalu sulit bagi siapapun yang niat untuk mendalami ilmunya. Semua orang Islam di dunia ini pasti memiliki harapan menjadi muslim yang baik bagi setiap insan beriman. Untuk mencapai harapan tersebut, kita sebagai muslim beriman harus banyak memperdalam ilmu agama.

Terutama bagi orang-orang yang baru memeluk Islam (mualaf. Mereka harus rajin mencari ilmu sebanyak mungkin tentang agama Islam sejak mereka mengucapkan dua kalimat syahadat. Bagi para mualaf yang baru belajar Islam. Kamu tidak perlu khawatir akan rasa sulit yang menghantui dirimu untuk memperdalam ilmu agama Islam. Semua orang muslim pasti akan diberi cobaan/ujian oleh Allah SWT, termasuk dalam mempelajari ilmu agama. Rasa malas belajar pasti akan menghampiri tiap orang.

Namun, sejatinya Allah SWT memberikan ujian kepada hambanya adalah untuk melihat seberapa besar kemampuan hambanya dalam menjalani dan menyelesaikan cobaan/ujian tersebut. Jika hanya belajar saja sudah menyerah, bagaimana kamu bisa menjadi muslim yang baik. Untuk mewujudkan harapan menjadi muslim yang beriman (terutama bagi para mualaf), tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Dasarilah dengan tekad yang kuat, niscaya kamu bisa mewujudkan harapanmu.

Belajar Islam sangat mudah untuk dilakukan karena ajaran-ajaran Islam sendiri sangat mudah untuk dipelajari dan diamalkan oleh siapapun. Oleh karena itu dalam pembahasan artikel kali ini kami akan membagikan sedikit panduan belajar Islam bagi para mualaf supaya mereka tetap semangat untuk memperdalam ilmu agama mereka.

Panduan Belajar Islam

1. Tanamkan Tekad & Carilah Pembimbing yang Baik

Menanamkan tekad merupakan salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan setiap kali ingin melakukan sesuatu. Jika kamu merasa tekadmu sudah bulat untuk memperdalam ilmu agama. Kemudian carilah pembimbing atau guru yang dapat menuntunmu pada jalan pembelajaran terbaik. Untuk memaksimalkan belajar agama Islam kamu memerlukan pembimbing atau guru yang kompeten dan bisa mengajari kamu dengan baik. Untuk mendapatkan guru yang baik. Lihatlah sisi karakter mereka terlebih dahulu.

Jika calon guru yang kamu pilih memiliki karakter yang baik. Maka calon guru tersebut bisa menjadi pilihan terbaikmu. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan akhlak dan sanad keilmuan dari mana dan siapa calon gurumu itu belajar. Jika kamu tepat memilihnya, insyaallah kamu bisa memperdalam ilmu agama Islam dengan baik.

2. Mempelajari Islam Dari Dasar

Pada tahap awal menjadi seorang muslim (mualaf), mempelajari dan memahami dasar ajaran Islam bisa saja menjadi hal yang cukup membingungkan. Itulah mengapa kamu harus menanamkan tekad yang kuat agar dapat dengan mudah mempelajari ilmu agama. Hal dasar dalam agama Islam atau titik awal yang perlu kamu pahami adalah rukun islam dan rukun iman.

Rukun islam ada 5, yaitu syahadat, sholat, zakat, puasa di bulan ramadhan, dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Sedangkan rukun iman sendiri ada 6, yaitu iman kepada Allah, iman kepada Malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Rodul, iman kepada hari akhir (kiamat), dan beriman kepada takdir (yang baik maupun yang buruk).

3. Menuntut Ilmu Secara Perlahan & Bertahap

Cara terbaik untuk menuntut ilmu adalah dengan cara bertahap. Jika kamu melaluinya dengan sekaligus, maka ilmu itu tidak akan mudah diingat selamanya. Pelajari ilmu sedikit demi sedikit, jangan pernah menyerah, teruslah pelajari dengan keikhlasan hati, niscaya Allah akan memberimu kemudahan untuk mencapai harapanmu.

4. Menjaga Keseimbangan

Ketika kamu sibuk memperdalam pengetahuan tentang ilmu agama Islam. Jangan sesekali memikirkan pencapaian yang berlebihan. Maksud kami adalah jangan gegabah atau berlebihan dalam memahami ajaran Islam hingga melupakan tugas dan kewajibanmu sebagai seorang muslim yang baik. Ingatlah beberapa poin penting dalam rukun Islam, terutama menunaikan sholat lima waktu.

Sembari memperdalam ajaran Islam, seorang mualaf harus tetap menjalankan sholat lima waktu serta pekerjaan/tugas aspek kehidupan mereka sehari-hari. Oleh karena itu, seorang mualaf wajib memanagemen waktu sebaik mungkin untuk menjaga keseimbangan tersebut.

Baca juga : Menyedekahkan Harta Yang Paling Dicintai

5. Istiqomah

Ketika memperlajari ajaran Islam, seorang muslim wajib istiqamah. Istiqamah merupakan sikap tegas untuk mempertahankan keimanan serta konsisten dalam bertindak atau melakukan sesuatu. Jika kamu ingin menjadi seorang muslim yang selalu beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Jangan sesekali menyerah dalam menjalankan niat baikmu. Dengan tetap konsisten dan berpegang teguh pada ajaran Islam yang kamu dalami. Insyaallah kamu bisa menjadi seorang muslim yang baik.

Mungkin itu saja panduan belajar Islam yang dapat kami sampaikan dalam pembahasan artikel kali ini. Jika kamu merasa artikel ini menarik dan membawa manfaat baik. Silahkan share artikel ini supaya orang muslim di luar sana juga mendapatkaan manfaat dari panduan belajar islam yang telah kami sampaikan kali ini.

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time
1 Comment
  1. […] Panduan Belajar Islam Bagi Para Mualaf […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.