Mengapa Memilih Pesantren Untuk Pendidikan Anak Kita

33

Mengapa Memilih Pesantren Untuk Pendidikan Anak Kita

 

Banyak dari kalangan masyarakat terutama orang tua untuk menumbuhkan anak-anaknya supaya menjadi anak yang bebakti kepada keduanya. Memiliki cerminan akhlaq ataupun contoh yang baik terhadap masyarakat.

Tidak hanya itu, orang tua yang memiliki tipe religious pasti tidak membiarkan anak – anaknya jauh dari cahaya agama terutama ruh islam, serta menjadkannya investasi bagi keduanya.

Pada pembahasan kali ini, penulis akan membahas pembahasan yang mengarah kepada pendidikan pesantren. Berjalannya zaman hingga saat ini, pondok pesantren semakin pesat, dan sudah banyak diminati di mata orang tua, karena orang tua meyakini di pondok pesantren akan dididik sesuai ajaran islam dan akan dibentuk menjadi anak yang ber-akhlaqul karimah sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shalallahu alaihi wa salam.

Berikut, beberapa alasan mengapa memilih pondok pesantren, jika anak di pondok pesantren

 

  1. Orang tua tenang dalam mencari nafkah

 

Terkadang ada yang berfikir apabila seorang anak jauh dari orang tua itu artinya orang tua menjauhi anaknya, begitupun sebaliknya, jikalau ada anak yang berkeinginan masuk pesantren orang tua merasa akan rasa kekhawatiran pada anak tersebut.

 

Tidak!, justru anak didalam pesantren anak berada dibawah pengawasan pesantren, jadi, anak didalam pesantren mereka cukup untuk belajar, menghafal Al quran, dan menjalani peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak pesantren, begitupun orang tua, mereka tetap fokus pada pekerjaannya dan mencari nafkah. Saling mendoakannya supaya semua diberi kemudahan dan lain sebagainya.

 

Maka disini, orang tua tidak merasa terbebani dalam mengurus urusan rumah tangganya.

 

 

  1. Anak terjaga dalam Sholat lima waktunya

 

Kita sebagai seorang Muslim sudah tau wajibnya dalam melaksanakan sholat lima waktu. Maka di pesantren sangat ditekankan dalam melaksanakn sholat lima waktu tersebut, di pesantrenlah akan dipelajari mengnai ibadah ibadah terutama solat lima waktu.

 

  1. Menjadi tauladan masyarakat dan umat

 

Anak yang memiliki akhlaq yang baik adalah salah satu tujuan orang tua, di dalam pondok pesantren anak akan dididik menjadi anak yang berakhlaq karimah.

 

Penanaman karakter di pondok lebih ditekankan pada pembinaan akhlaq, dimulai dari , berakhlaq kepada sesama teman, guru, kedua orang tua dan kepada pesantren.

 

  1. Anak terjaga dari pengaruh HP

 

Putaran zaman semakin berjalan, dan tepatnya kita berada di zaman yang serba canggih ini. terutama HP. Di pesantren sudah diterapkan peraturan supaya tidak membawa HP, dikarenakan hal itu bisa tidak membuat fokus santri dalam belajar dan menghindari hal negative yang ada di pesantren.

 

Demikian bahasan ini penulis cukupkan sampai disini, semoga bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita tetap istiqomah mengikuti sunnah dan tauladan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, Aamiin.

wassalamu alaikumwa rohmatullahi wa barokatuh

 

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time
Leave A Reply

Your email address will not be published.