Keutamaan Bulan Suci Ramadan | Bulan yang Penuh Berkah

60

Keutamaan Bulan Suci Ramadan – Bulan Ramadan merupakan salah satu bulan yang dinanti-nanti bagi umat muslim di seluruh dunia. Pada bulan ini banyak sekali kemuliaan dan keberkahan melimpah yang bisa didapatkan bagi setiap umat muslim. Setiap umat muslim pasti berlomba-lomba untuk memperbanyakan amal kebaikan pada bulan yang suci ini. Banyak sekali amalan-amalan yang bisa Anda lakukan di bulan suci Ramadan untuk mendapatkan pahala yang berlimpah. Salah satu hal pasti untuk mendapatkan pahala berlimpah di bulan suci ini adalah dengan berpuasa.

Melakukan ibadah puasa dalam bulan suci Ramadan adalah wajib bagi setiap umat muslim. Hal tersebut berlaku bagi setiap muslim yang telah baligh, berakal, tidak sakit atau dalam kondisi sehat, dan dalam kondisi mukim (tidak melakukan safar atau perjalanan jauh). Dalam hal ini umat muslim dianjurkan untuk memahami keutamaan atau fadhilah dari setiap ibadah atau amalan yang Allah SWT perintahkan kepada umatnya. Melaksanakan setiap amalan sholeh pastinya akan menjadi penyemangat bagi kita untuk meningkatkan ketakwaan pada Allah SWT.

Oleh karena itu, pada bulan suci Ramadan kita sebagai umat muslim harus melaksanakan setiap ibadah dan amalan yang Allah SWT berikan. Karena pada bulan ini kita memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menambah pahala dan meningkatkan ketakwaan kita pada Allah SWT. Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan Anda keutamaan bulan suci Ramadan agar Anda bisa mengamalkannya. Semoga pembahasan berikut ini bisa membawa manfaat bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan.

Inilah Dia Keutamaan Bulan Suci Ramadan

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

Salah satu keutamaan paling mulia di bulan Ramadan adalah disebut sebagai bulan Al-Qur’an atau Syahrul Quran. Hal ini menjadi salah satu bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan istimewa pada bulan Ramadan. Diturunkannya Al-Quran pada bulan suci ini merupakan keberkahan terbesar yang Allah SWT berikan. Allah berfirman dalam salah satu ayat-Nya,

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”. (QS. Al-Baqarah: 185).”

Dan dalam ayat lain Allah SWT juga berfirman,

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah”. (QS. Al-Baqarah, 2 : 185)”

Dari segala firman-Nya tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pada bulan Ramadan semua urusan yang kita lakukan akan penuh dengan hikmah. Oleh karena itu perbanyaklah amal dan ibadah ketika bulan Ramadan agar mendapatkan keberkahan yang maksimal.

2. Terdapat Malam Lailatul Qadar (Malam Kemuliaan)

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam ini terdapat kemuliaan yang sangat luar biasa, yaitu diturunkannya Alquranul Karim. Malam Lailatul Qadar diyakini oleh sebagian besar umat muslim terjadi pada malam ganjil dalam salah satu dari 10 hari terakhir di bulan Ramadan, walaupun perhitungan waktunya masih kurang jelas. Tidak ada satupun orang yang tahu pasti kapan jatuhnya malam Lailatul Qadar karena malam kehadirannya dirahasiakan oleh Allah SWT.

Menurut salah satu hadis riwayat Bukhari dan muslim, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kepada umatnya untuk senantiasa bersemangat dalam mencari malam Lailatul Qadar di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Oleh karena itu bersemangat kalian dalam mencari malam Lailatul Qadar karena pada malam ini kebaikan yang didapat oleh seorang muslim melebihi nilai dari jangka waktu 1000 bulan atau 83 tahun.

3. Bulan Penuh Keberkahan

Keutamaan lain dari bulan Ramadan kali ini adalah disebut sebagai bulan yang penuh berkah atau Syahrun Mubarak. Pernyataan ini didadasarkan pada dalil dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW yang memiliki arti,

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Agmad, An-NasaI dan Al-Baihaqi).”

Di dalam bulan yang penuh berkah ini, tentu kita sebagai umat muslim wajib untuk berbuat baik kepada semua ciptaan Allah SWT. Perbanyaklah juga beramal karena pada bulan ini seorang muslim disunnahkan untuk bersedekah. Dan pada bulan ini seorang mulsim juga diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

4. Bulan Penuh Pengampunan

Ini merupakan salah satu keutamaan bulan suci Ramadan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim. Bulan Ramadan menjadi waktu terbaik untuk bertaubat kepada Allah SWT karena pada bulan yang suci ini segala dosa-dosa akan diampuni oleh Allah SWT bagi hambanya yang bertaubat. Dalam salah satu hadis Bukhari dan muslim menjelaskan,

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslims).”

Adapun juga salah satu hadis Nabi Muhammad SAW yang menguatkan hal ini, memiliki arti,

“Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan solat malam pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).”

Oleh karena itu laksanakanlah ibadah sholat malam atau sholat tarawih yang disunnahkan oleh Allah SWT pada bulan suci ini. Dengan melaksanakan ibadah sholat tarawih, seoarang muslim mendapat kemuliaan diampuni segala dosa-dosanya.

5. Dibukanya Pintu Surga & Ditutupnya Pintu Neraka

Di dunia ini seluruh muslim pasti sangat mendambakan masuk surga ketika berada di akhirat kelak. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka merupakan salah satu keutamaan bulan suci Ramadan. Allah SWT memberikan kesempatan kepada seluruh umat muslim untuk masuk surga dengan melaksanakan ibadah dan amalan-amalan yang diperintahkan oleh-Nya pada bulan yang suci ini. Oleh karena itu perbanyaklah melakukan amal sholeh pada bulan ini agar kita sebagai seorang mulsim mendapatkan kesempatan besar untuk masuk surga.

6. Bulannya Para Setan Dibelenggu

“Ketika masuk bulan Ramadlan maka syaitan-syaitan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup,” (HR Bukhari dan Muslim).”

Begitulah dalil yang dikatakan dalam salah satu hadis riwayat Bukhari dan Muslim. Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah. Seorang muslim bisa memperbanyak pahala mereka pada bulan ini. Oleh karena itulah para setan-setan dibelenggu pada bulan ini.

7. Pahala Berlipat Ganda

Ini merupakan salah satu keutamaan bulan suci Ramadan yang sangat mulia. Pada bulan Ramadan seluruh ibadah dan amal kebaikan yang dilakukan setiap muslim akan dilipatgandakan pahalanya. Setiap muslim tentu wajib untuk memperbanyak ibadah dan amalan sholeh yang diperintahkan oleh Allah SWT pada bulan ini. Bulan suci Ramadan hanya datang tiap tahun sekali. Oleh karena itu jangan sia-siakan keutamaan ini agar kita semua selamat dari siksa kubur dan juga siksa api neraka.

8. Waktu Doa Paling Mustajab

Bulan Ramadan merupakan bulan suci yang dimuliakan oleh umat muslim. Pada bulan ini seluruh permohonan hamba Allah akan dikabulkan. Doa-doa yang kita panjatkan pada bulan ini akan dikabulkan. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW, yang memiliki arti,

“Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari apai neraka pada setiap hari di bulan Ramadan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan.” (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah.”

Selain itu juga ada hadis lain yang mempertegas hal tersebut. Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Tiga orang yang doanya tidak ditolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi.” (HR. at Tirmidzi).”

Baca juga : Panduan Belajar Islam Bagi Para Mualaf

9. Bulan Puasa Terbaik

Melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadan hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat dan ketentuan. Pada bulan yang suci ini pahala puasa yang didapatkan sangatlah besar. Dari Abu Ayub Al-Anshary, beliau meriwayatkan hadis Nabi Muhahmmad SAW, yang bersabda,

“Barangsiapa yang berpuasa (pada bulan Ramadhan) kemudian diikuti puasa enam hari pada bulan Syawal, maka hal itu sama seperti puasa setahun.” (HR. Muslim)”

Selain itu, ada juga hadis lain yang mempertegas hal ini. Dari Imam Ahmad, beliau meriwayatkan hadis Nabi Muhahmmad SAW, yang bersabda,

“Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sempurna satu tahun.” (HR. Ahmad).”

Itulah beberapa keistimewaan atau keutamaan dari bulan suci Ramadan yang dapat kami jelaskan dalam pembahasan artikel kali ini. Dengan melaksanakan segala perintah-Nya, niscaya kita semua dapat masuk surga-Nya kelak. Oleh karena itu, share artikel ini kepada sesama muslim agar mereka semua juga mendapatkan manfaat dari pembahasan keutamaan bulan suci Ramadan ini.

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time
Leave A Reply

Your email address will not be published.