Apakah Menyentuh Kemaluan dan Payudara Membatalkan Wudhu?

1.138

Apakah Menyentuh Kemaluan dan Payudara Membatalkan Wudhu?

Pertanyaan:

Ustadz, katanya kalau memegang (maaf) kemaluan bisa membatalkan wudhu, biasanya setelah mandi saya berwudhu, kemudian suka pakai lotion termasuk dada (maaf payudara). Apakah hal itu menjadikan wudhu saya batal? Syukron

 

Jawaban:

Alhamdulillah, shalawat dan semoga selalu tercurah pada baginda Nabi Muhammad saw, keluarga serta seluruh para sahabatnya.

Masalah memegang kemaluan menjadi perdebatan dikalangan ulama, apakah membatalkan wudhu atau tidak.

Mayoritas ulama mengatakan bahwa menyentuh kemaluan membatalkan wudhu berdasarkan sabda Nabi bersabda:

مَنْ مَسَّ ذَكَرَهُ فَلْيَتَوَضَّأ

“Barangsiapa yang menyentuh kemaluannya, hendaknya ia berwudhu.” (HR. Abu Daud no. 181, An-Nasai no. 100, At-Tirmidzi no. 82).

Namun ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa menyentuh kemaluan tidak membatalkan wudhu, berdasarkan hadits dari sahabat Thalq bin Ali, ia berkata: “Ada seorang laki-laki yang berkata: “Aku menyentuh kemaluanku atau ada seorang laki-laki yang menyentuh kemaluannya ketika shalat. Apakah ia wajib berwudhu?

Rasulullah bersabda:

 

إِنَّمَا هُوَ بَضْعَةٌ مِنْكَ

“Sesungguhnya kemaluan hanyalah bagian dari anggota tubuhmu.”(HR. Abu Daud no. 182 dan 183, At-Tirmidzi no. 85).

Namun kami lebih memilih pendapat imam Malik dan juga pendapat Syaikh Albani yang mengatakan bahwa menyentuh kemaluan bisa membatalkan wudhu jika disertai syahwat. Adapun jika menyentuhnya tanpa syahwat, atau tanpa sengaja maka tidak membatalkan wudhu. Sebagai jalan kompromi atas kedua hadits di atas yang sama-sama shahihnya, sehingga bisa diamalkan semuanya.

Dan perlu diketahui bahwa kemaluan yg dimaksud pada hadits di atas adalah alat kelamin manusia bukan yang lainnya seperti payudara. Maka menyentuh payudara tidaklah membatalkan wudhu.

Wallahu a’lam bish shawab.

 

Artikel ini di publikasikan di kategori tanya jawab di website majalah taujih online ini, silahkan mengunjungi kategori tanya jawab ini untuk mendapatkan artikel dengan tema pertanyaan yang diajukan kepada kami oleh pembaca website taujih ini.

 

Website : www.majalahtaujih.com

Kontak Kami : https://www.majalahtaujih.com/kontak-kami/

Tentang Kami : https://www.majalahtaujih.com/tentang-kami/

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!