Apa Arti Taujih?

367

Ketika acara pengajian sedang berlangsung banyak sekali dari kita yang sering mendengarkan pembawa acara yang mengatakan ” Menuju acara selanjutnya mari kita dengarkan taujih dan taujihaat dari ustadz fulan”.

Nah yang menjadi persoalan adalah banyak diantara kita yang belum mengetahui apa arti dari taujih itu sendiri. Berikut ini kami jelaskan pengertian dari taujih dan taujihaat yang mungkin masih membingungkan kita.

Dan tidak lupa kita juga berikan penjelasan mengenai apa sih arti dari taujih rabbani itu?. Berikut ini kami berikan penjelasan detail arti taujih rabbani.

Pengertian Taujih

Pengertian taujih Secara Bahasa

توجيه توجيه [مفرد]: ج توجيهات (لغير المصدر): 1- مصدر وجَّهَ/ وجَّهَ إلى . 2– إرشادات أو نُصح أو بيان يوجَّه إلى المواطنين أو الأَتْباع “توجيهات الرَّئيس/ الزعيم”| التَّوجيهات: التَّعليمات التي يُزوِّد بها المسئول مرؤسيه والتي ترسم كيفيّة تنفيذ الأعمال- التَّوجيه المهنيّ: إعلام الفرد نظرًا لذكائه وقدراته ونظرًا لفرص العمل الميسَّر بالمهنة التي يمكن أن ينجح فيها. 3- (بغ) إيرادُ الكلام محتملاً لوجهين مختلفين. 4- (عر) حركة الحرف قبل الرَّويّ المقيَّد كما في قول امرئ القيس (أنّي أفِرّْ) مع قوله (جميعًا صُبُر)، وقوله: (واليومُ قَرّْ). • توجيه المصارف: (قص) أداة للسياسة النقديّة تشتمل على ضبط الإقراض المصرفيّ كأداة لتنظيم مجموع النقد المتداول.
ٍ
Sumber : Kamus Almaani

Taujih diambil dari kata( وَجَّهَ – يُوَجِّهُ – توجيه ) yang artinya adalah arahan, bimbingan, nasehat, dan instruksi seorang pembimbing kepada para mad’u, atau kepada para pendengar, kepada murid, dan kepada seseorang yang ingin diarahkan oleh sang pengarah/instruktur/pembimbing, atau oleh guru.

 

Teks asli Arti Kata
arahan, bimbingan, nasehat, instruksi, brifing تَوْجِيْه
memahkotai, memberikan mahkota, menaikkan tahta تَوَّجَيُتَوِّجُ

 

Pengertian taujih Secara Istilah

التَّوجيهات : التَّعليمات التي يُزوِّد بها المسئول مرؤسيه والتي ترسم كيفيّة تنفيذ الأعمال،

Pengertian taujih secara istilah adalah arahan yang diberikan oleh seorang pengurus yang diberikan tanggung jawab untuk mengarahkan yang diurus. Dalam hal ini seorang pengurus diberikan amanah untuk mengarahkan mereka yang diurus.

Semisal seorang guru diamanahi oleh orang tua untuk mengurus pendidikan anak-anaknya di sekolah. Seorang ustadz diamanahi oleh para wali santri untuk mendidik anak-anak santri semasa kehidupan di pondok pesantren.

Dari hal ini kita mengambil kesimpulan bahwasanya taujih memiliki arti arahan dan pengarahan seorang pengarah ( guru/ustadz) untuk mengarahkan perilaku mereka yang diarahkan, baik itu murid, santri, atau bawahan.

Pengarahan ini dalam banyak hal, biasanya taujih/taujihaat diberikan kepada orang-orang yang tidak memiliki komitmen keagamaan yang baik, dengan tujuan jika mereka diarahkan oleh mursyid ( pengarah/pemberi petunjuk) maka seseorang tersebut akan memiliki komitmen keagamaan yang meningkat.

Dan bahkan jika seseorang yang pemahaman agama dan komitmen agamanya sudah baik, atau bahkan sudah bagus. Maka tetap saja dibutuhkan yang namanya taujih untuk mengarahkan seseorang tersebut tetap dalam jalan kebaikan.

Karena orang yang lebih sering diingatkan untuk meninggalkan perbuatan buruk, maka potensi mereka untuk melanggar akan semakin kecil. jadi semakin sering diingatkan akan semakin baik.

 

Taujih Rabbani

Pengertian Taujih Rabbani

Taujih rabbani adalah pengarahan yang ditujukan untuk membentuk karakter seseorang agar lebih dengan penciptaNya, yakni taujih yang diberikan oleh seorang mursyid dengan pengarahan khusus dengan tujuan menciptakan seorang pribadi muslim yang cinta Allah dan RasulNya, cinta ibadah, dan tentunya menjalankan syariat islam dengan baik dan benar.

Urgensi Taujih Rabbani

Taujih Rabbani ini sangatlah penting bagi seseorang yang mengalami krisis iman, hati terasa hampa, dan untuk mereka yang jauh dari Allah SWT sang pencipta.

Taujih Rabbani ini sangatlah penting untuk mereka yang sedang down, sedang jauh dari agama, dan sering melakukan kemaksiatan.

Maka pengarahan kepada kebaikan agama untuk mereka-mereka seperti itu sangatlah penting dan tentunya juga akan sangat bermanfaat bagi mereka.

Penutup

Demikian artikel kita kali ini, semoga penjelasan mengenai arti taujih ini bisa menjawab pertanyaan apa arti taujih?. Dan tentunya semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kita.

Aminn!

Subscribe to our newsletter
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time
Leave A Reply

Your email address will not be published.